Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Wednesday, February 2, 2011

Cuplikan buku The Beginning Of The End, karangan Michael Snyder (2013)

Pengantar:
Artikel ini adalah cuplikan dari buku Michael Snyder (2013), di muat sebagai pembanding artikel utama tentang kapitalisme karangan Piketty. Apakah buku ini bukan pembelaan terhadap "kapitalisme" yang dicita-citakan oleh founding father Amerika ?


Diantara cuplikan......

Keluhan warga Amerika
Saat ini, ada banyak pembicaraan tentang kejahatan-kejahatan “kapitalisme”. Tapi itu tidak benar-benar akurat untuk mengatakan bahwa kita hidup dalam sistem kapitalis. Sebaliknya, apa yang dimiliki di Amerika Serikat saat ini, dan apa yang dialami sebagian besar warga dunia adalah bahwa mereka hidup dibawah  kapitalisme -- jauh lebih tepatnya disebut sebagai -- “Korporatisme”.

Dalam korporatisme, sebagian besar kekayaan dan kekuasaan terkonsentrasi di tangan perusahaan-korporasi raksasa. Dan pemerintah digunakan sebagai alat oleh perusahaan-korporasi ini untuk mengkonsolidasikan kekayaan dan kekuasaannya lebih jauh.

Dalam sistem korporatis, kekayaan dan kekuatan individu dan usaha kecil dikerdilkan oleh dominasi luar biasa dari perusahaan seperti ini. Akhirnya korporasi memiliki hampir segala sesuatu dan mereka akhirnya mendominasi hampir setiap aspek kehidupan masyarakat. Seperti gambaran Amerika Serikat hari ini. Korporatisme telah membunuh negeri ini, dan apakah hal itu yang di harapkan oleh para pendiri (founding fathers) negara kami ini ?

Korporatisme sebenarnya menurut  Snyder (2013) tidak terlalu berbeda dari sosialisme atau komunisme. Mereka semuanya memiliki sifat sistem ekonomi “kolektivis”. Dalam korporatisme, kekayaan dan kekuasaan telah sangat terkonsentrasi pada mereka -- sebagaimana situasi masyarakat sosialisme atau komunisme -- dan dalam kenyataannya bahwa tidak satupun dari mereka bersifat  “egaliter” dalam sistem ekonomi.  Dalam sistem kolektivis, sekelompok kecil elite selalu menikmati sebagian besar keuntungan perusahaan,  dan sementara itu sebagian besar populasi yang berada di bawah mereka sangat menderita. (Egaliter adalah memiliki kedudukan yang sederajat).  

Menurut  Snyder para pengunjuk rasa di The Occupy Wall Street  menyadari bahwa sistem ekonomi Amerika secara fundamental tidak adil dalam banyak hal, tapi masalahnya adalah bahwa kebanyakan dari mereka menginginkan sebuah bentuk perdagangan “yang merupakan transformasi” dari  kolektivisme.

Sebenarnya pendiri negara Amerika tidak pernah membayangkan untuk memiliki sistem ekonomi kolektivistik seperti ini. Pada awalnya bermaksud untuk menikmati sistem kapitalis, di mana terdapat kompetisi yang benar, sistem perdagangan bebas, yang memungkinkan individu dan usaha kecil berkembang.

Dalam sebuah artikel yang diposting awal tahun ini sebagai Info tambahan, Stephen D. Foster Jr, merinci bagaimana pendiri negara Amerika mulai merasa adanya kehadiran korporasi. Misalnya perusahaan The East India Company adalah perusahaan korporasi terbesar saat itu, yang mendominasi perdagangan di awal era kolonial. Begitu banyak diantara mereka yang mendatangkan produk teh ke sebuah Pelabuhan kapal di Boston (yang sekarang secara umum dikenal sebagai Boston Tea Party).

Pada saat itu di Inggris, Korporasi besar telah mendanai pemilu dan sahamnya dimiliki oleh hampir semua orang yang ada di parlemen. Para pendiri negara Amerika (The founding fathers) tidak berpikir banyak tentang kehadiran  perusahaan korporasi ini, dimana mereka memiliki kekayaan dan berpengaruh besar kepada pemerintahan. Dan itulah salah satu alasan mengapa mereka mengadakan pembatasan, setelah di selenggarakannya  pemerintah Amerika secara Konstitusi.

Setelah pembangunan bangsa Amerika terbentuk. Kelompok korporasi diberikan pembatasan-pembatasan oleh negara -tidak seperti hari ini- saat itu, korporasi hanya diizinkan untuk berusaha selama 20 atau 30 tahun lamanya dan hanya bisa menangani satu komoditi –dan  tidak bisa memegang saham di perusahaan lainnya. Kepemilikan properti mereka terbatas, hanya pada apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Aspek yang paling penting dari semua ini adalah bahwa sebagian besar di hari-hari  awal negara bagian Amerika memiliki buku-buku tentang undang-undang, misalnya jika ada konstribusi politik dari koorporasi akan dipidana.

Menurut  Snyder, pendiri negara Amerika tidak akan pernah menyetujui segala bentuk kolektivisme. Mereka memahami bahwa semua konsentrasi besar kekayaan dan kekuasaan merupakan ancaman yang berarti terhadap kebebasan dan juga kemerdekaan warga.

Menurut  Snyder, ada tujuh hal tentang yang telah merusak dan mendominasi perekonomian Amerika oleh korporat, yang harus diketahui oleh setiap warga Amerika dan dunia.

1.Perusahaan tidak hanya sepenuhnya mendominasi perekonomian AS, mereka juga benar-benar mendominasi perekonomian global juga. Sebuah studi baru yang dilaksanakan University of Zurich, memeriksa lebih dari 43.000 korporasi multinasional yang besar. Studi ini menemukan jaringan luas kepemilikan interlocking yang dikendalikan oleh 1.318 “inti” korporasi raksasa. Tapi “inti” itu sendiri dikendalikan oleh “super-entitas” dari 147 perusahaan korporasi monolitik yang sangat erat kaitannya. Sebuah artikel terbaru di Newscientist mencatat bahwa ke 147-an perusahaan korporasi ini telah menguasai sekira 40 persen dari seluruh kekayaan di seluruh jaringannya. Ketika tim melanjutkan penelitian dan menguraikan kepemilikan web, ternyata ditemukan banyak yang tertuju ke 147 “super-entitas” itu. “Akibatnya, kurang dari 1 persen dari perusahaan mampu menguasai 40 persen dari seluruh jaringan,” kata Glattfelder. Sebagian besar adalah 20 lembaga keuangan. termasuk Barclays Bank, JP. Morgan Chase & Co, dan Goldman Sachs Group. Tidak mengherankan, “super-entitas” dari 147 perusahaan korporasi didominasi oleh bank-bank internasional dan lembaga-lembaga keuangan besar. Misalnya, JP Morgan Chase, Goldman Sachs, Morgan Stanley dan Bank of America adalah semua di atas 25.

2.Dominasi ekonomi global oleh perusahaan korporasi tersebut telah memungkinkan kekayaan global menjadi terkonsentrasi ke tingkat yang sangat menakutkan. Berikut ini berasal dari sebuah artikel di SK Los Angeles Times …. 
Sebuah snapshot ekonomi dari Economic Policy Institute menunjukkan bahwa pendapatan disesuaikan dengan inflasi atas 1% rumah tangga meningkat 224% 1979-2007, sementara pendapatan untuk golongan bawah 90% tumbuh hanya 5% pada periode waktu yang sama. Mereka yang berada di golongan atas 0,1% dari pendapatan bernasib lebih baik, dengan pendapatan tumbuh 390% selama jangka waktu tersebut. Anda dapat melihat grafik yang menampilkan angka-angka mengejutkan di sini”

3.Karena kekayaan telah menjadi terkonsentrasi di tangan sedikit manusia kaya, berarti bahwa ada banyak masyarakat miskin di luar sana. Padahal teknologi diharapkan untuk dapat mengangkat standar hidup di seluruh dunia. Kenyataannya kemiskinan terus menyebar. Menurut studi yang sama oleh Credit Suisse yang disebutkan di atas. Menjelaskan bahwa dua pertiga dari populasi global hanya menguasai 3,3% dari semua kekayaan. Tidak hanya itu, lebih dari 3 milyar orang saat ini hidup dengan kurang dari 2 dolar per hari. Sementara kaum ultra-kaya menjalani hidup yang tinggi, tragedi yang tak terbayangkan bermain di seluruh dunia setiap hari. Setiap 3,6 detik seseorang kelaparan sampai mati dan tiga-perempat dari mereka adalah anak-anak di bawah usia 5 th.

4. Perusahaan raksasa telah menjadi begitu dominan yang telah menjadi sangat sulit bagi usaha kecil untuk bersaing dan bertahan di Amerika Serikat. Hari ini, meskipun penduduk kita meningkat, jumlah usaha kecil terus menurun. Menurut Badan Statistik Tenaga Kerja, 16,6 juta orang Amerika yang berwiraswasta di Desember 2006. Saat ini, jumlah itu telah menyusut menjadi 14,5 juta.Ini adalah kebalikan dari apa yang seharusnya terjadi di bawah sistem kapitalis.

5. Perusahaan besar benar-benar mendominasi media (atau sebaliknya perusahaan raksasa itu juga membangun media massa, jurnaistik). Hampir semua berita yang Anda dapatkan dan hampir semua hiburan yang Anda nikmati diumpankan kepada Anda oleh perusahaan-perusahaan raksasa. Melongok kembali pada tahun 1983, sekitar 50 Korporasi perusahaan menguasai sebagian besar semua media di Amerika Serikat. Hari ini media dibawah  kontrol dan terkonsentrasi pada enam korporasi  perusahaan media yang sangat kuat.

6. Big corporations sepenuhnya mendominasi sistem keuangan Amerika. Memang  ada ratusan pilihan di dunia keuangan, tetapi hanya ada segelintir yang mengontrol sebagian besar dari aset. Kembali pada tahun 2002, 10 bank menguasai 55 persen dari seluruh aset perbankan AS. Hari ini, 10 bank menguasai 77 persen dari seluruh aset perbankan AS. The “too big to fail” bank hanya terus mendapatkan lebih banyak dan lebih kuat. Misalnya, “enam besar” bank-bank AS (Goldman Sachs, Morgan Stanley, JPMorgan Chase, Citigroup, Bank of America, dan Wells Fargo) kini memiliki aset setara dengan sekitar 60 persen dari produk nasional bruto Amerika.

7. Big Corporations sepenuhnya juga mendominasi sistem politik Amerika. Karena mereka memiliki begitu banyak kekayaan dan kekuasaan, perusahaan dapat mengerahkan jumlah yang banyak pengaruh atas pemilu Amerika. Penelitian telah menunjukkan bahwa dalam pemilihan calon untuk negara federal yang menang adalah yang paling banyak uang yaitu sekitar dari 90 persen dari padanya. Politik di Amerika bukan tentang menang atas hati dan pikiran.Ini adalah tentang siapa yang dapat menyumbang uang. Kadang-kadang berita ini bocor ke media.  Sebagai contoh, dalam acara baru pada MSNBC, Dylan Ratigan membuat pernyataan berikut . 
“Penyumbang terbesar kampanye presiden Barack Obama adalah Goldman Sachs. Kegiatan utama presiden ini relatif terhadap perbankan telah melindungi aspek yang paling menguntungkan dari bisnis, yang merupakan pasar gelap untuk credit default swaps dan sejenisnya. Itu telah menjadi agenda eksplisit Menteri Keuangannya. Presiden ini menganjurkan perjanjian perdagangan yang memungkinkan kerahasiaan bank ditingkatkan di Panama, ditingkatkan anggota serikat di Kolombia, dan pendanaan Korea Utara. “Kemudian, ditindaklanjuti oleh Ratigan dengan menuduh kedua partai politik bekerja untuk orang-orang jahat….

Menurut salah satu survei terbaru, hanya 23 persen dari semua orang Amerika sekarang percaya sistem keuangan, dan 60 persen dari semua orang Amerika yang baik ” atau “sangat marah” tentang ekonomi. Sayangnya, banyak dari mereka yang bergabung dengan gerakan protes seperti Occupy Wall Street yang menyerukan satu bentuk kolektivisme untuk menggantikan yang lain. 

Menurut  Snyder, orang Amerika sedang diberi pilihan yang salah. Kami tidak harus memilih antara korporatisme dan sosialisme. Kami tidak harus memilih antara perusahaan besar dan pemerintah besar. Pendiri kami benar-benar bemaksud agar korporasi dibatasi. Pengangguran merajalela, namun keuntungan perusahaan yang melonjak. Jumlah orang Amerika yang membutuhkan kupon makanan telah meningkat lebih dari 70 persen sejak 2007, namun pendapatan mereka di puncak rantai makanan terus meningkat. Kita perlu suatu sistem yang memungkinkan semua orang Amerika untuk memulai usaha kecil, bersaing secara adil dan memiliki kesempatan untuk sukses. Sebaliknya, apa yang kita miliki adalah sistem korporatis di mana perusahaan-perusahaan besar memiliki sebagian besar kekayaan, sebagian besar kekuasaan dan sebagian besar keuntungan. Kita harus mendapatkan orang Amerika (warga dunia) untuk memahami bahwa korporatisme bukan kapitalisme.

Snyder menyimpulkan bahwa korporatisme adalah sebuah sistem kolektivis yang memungkinkan elit untuk mengakumulasi jumlah raksasa kekayaan dan kekuasaan. Namun dia menolak jika harus pergi ke sistem kolektivis yang berbeda. Menurutnya yang dibutuhkan adalah adanya kekuatan untuk membangun sebanyak mungkin untuk individu dan usaha sebagaimana yang dicita-citakan pendiri Amerika semula.

Naskah asli oleh Oleh Akmail, di editing lagi oleh penulis
Sumber: Kompasiana
http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/06/03/korporatisme-bukan-kapitalisme-565267.html



No comments: